3 Operator Besar (di tempat ku)

Untuk saat ini (sebelum nanti katanya, skali lagi katanya… Flexi bakalan masuk ke kota kecilku), hanya ada 3 operator besar yang memegang peranan penting di daerahku, yaitu: Indosat, Telkomsel, dan XL. Ketiganya memang saling bersaing dalam memberikan layanan kepada pelanggan baik melalui tarif-tarif yang ditawarkan maupun fitur-fitur lebih masing-masing operator. 

Untuk layanan internet lewat jalur gprs, aku sendiri make ketiga operator ini yang menurutku sangat membantu dan saling membackup di saat satu dari ketiga nya sedang dalam gangguan (layanan tidak tersedia). Misalnya ketika Indosat (yang tiap minggunya pasti ada 1 atau 2 hari gangguan dan biasanya di hari Jum’at, Sabtu, atau Minggu), maka Telkomsel bisa menjadi kartu cadangan. Atau bahkan di saat kedua operator tadi gangguan, XL menjadi solusi terakhir untuk keperluan internet ku. 

Mentari saat ini sedang promo tarif murah hingga tanggal 31 Juli 2007 dengan tarif Rp.1,1,- / kb dan Rp.100,- per menitnya. Dengan layanan ini, anda bisa memilih sesuai dengan keperluan internet anda. Untuk yang doyan download file-file besar (youtobe misalnya), silakan pake time base Mentari ini dengan tarif Rp.100,- per menitnya yang artinya Rp.6.000,- per jamnya. Anda bisa download sepuas yang anda mau. 

Namun, untuk download file-file kecil yang kapasitasnya hanya beberapa MB (maksimal 4 MB), aku masih lebih memilih tarif Rp.1,1,- / kb nya, karena alasan Transfer Rate yang terlalu rendah. Pengalamanku kemaren saat download file sebesar 1,4 MB yang dilakukan pada siang hari sekitar pukul 11.00 Wib, data transfer rate nya hanya berkisat antara 600 kb – 900 byte aja dan sesekali naik menjadi 1 kbps. Dengan transfer rate sekecil itu, kupikir sangat tidak efisien jika kita download file besar pake sistem billing per jamnya karena untuk download file besar tersebut bakalan memerlukan waktu yang sangat lama yang artinya biaya akan membengkak di situ.  

Dari pengalaman make layanan promo Mentari ini, saat download emang sangat lelet dan tidak terlalu mengesankan, jadi aku lebih sering make saudaranya yang masih sama tarifnya yaitu IM3. Dengan transfer rate yang lebih besar dari 1 kbps hingga 11 kbps maka layanan gprs nya sangat bagus buat download, namun sayangnya tidak ada info apakah IM3 sendiri bisa digunakan dengan layanan Time Base atau tidak. 

Setelah Indosat, masih ada Telkomsel dengan tarif Rp.12,- / kb (masih sangat reliable karena emang jaringannya jarang trouble dan aksesnya masih di peringkat pertama / tercepat aku rasa di antara ketiganya). Dengan tarif tersebut aku rasa sangat tidak menguntungkan digunakan untuk aktivitas internetan di komputer, jadi aku sendiri hanya make telkomsel saat Mentari / IM3 sedang gangguan. 

Hanya saja, saat ini telah ada layanan gprs time base nya Telkomsel yaitu melalui layanan Telkomsel Flash. Ada 3 paket layanan dari telkomsel flash ini yaitu Paket 24 Jam, Paket 3 Jam, dan terakhir Paket Pay As You Go yang dihitung per menit. Untuk Paket 24 jam, kita beli paket seharga Rp.100.000,- dengan masa berlaku pemakaian selama 1 minggu (jika tidak dipakai selama 1 minggu berselang sejak tanggal pembelian paket, atau pemakaian tidak sampai 24 jam selama 1 minggu, sisa jam pemakaian yang ada akan hangus dan tidak dapat digunakan lagi sehingga anda harus beli paket lagi). Paket 3 jam dengan biaya Rp.30.000,- untuk masa berlaku selama 1 hari. Sedangkan paket Pay As You Go nya yang dibebankan ke pulsa sambil jalan yaitu Rp. 350,- per menitnya. 

Untuk Telkomsel Flash ini, tentunya menggunakan Paket 24 jam lebih untung. Tapi, sekali lagi seperti nasihat aku sebelumnya, pikirkan dulu kebiasaan internet anda. Jika rata-rata perhari anda Online selama 1 jam, maka sudah selayaknya paket ini dipake. Namun, untuk yang onlinenya kadang-kadang atau tidak rutin setiap hari, lebih baik beli paket 3 jam saja karena berlaku untuk satu hari. Atau jika anda merasa tarif Rp. 350,- menit sangat cocok buat anda, mengapa tidak pake yang ini…???!!! 

Layanan gprs dari XL aku rasa belum begitu istimewa buat aku, karena selain layanan yang masih minim (di tempat ku nihhhh…) juga jaringan yang masih terbilang langka dan sangat sulit “mendapatkan sinyal”. Namun, sebagai cadangan terakhir, aku pake gprsnya dengan kartu jempol aja, dan ku rasa itu sudah sangat memadai. Terus terang, belum banyak sosialisasi program yang dilakukan oleh pihak operator sendiri tentang produk-produk yang mereka tawarkan (kecuali di tivi), sehingga masyarakat kelas bawah (seperti aku) jarang atau bahkan tidak pernah mengenal produk-produknya. 

Untuk XL, kuharap beberapa bulan ke depan, udah bisa menjangkau lebih luas lagi pelanggannya, karena faktor utama berhasil tidaknya pemasaran produk (kartu GSM) dari operator selluler adalah ketersediaan jaringan di daerah-daerah terutama hingga ke pelosok dan daerah-daerah terpecil (bahkan di hutan rimba) seperti yang telah dilakukan oleh Operator Telkomsel… Bukan pujian lho… tapi ini kenyataan… Sinyal Telkomsel bisa diterima bahkan di dalam hutan yang sangat jauh dari yang namanya “keramaian”. 

Ok, aku rasa segitu dulu. Thanks!

Perihal maxx
Dulu saya sekolah di SMK Jurusan Sekretaris, dan pernah kuliah di FKIP Untan Jurusan PBS (Bahasa Inggris) - tidak kelar sih. Saya hanya blogger biasa, tidak sedang berusaha menghasilkan uang lewat ngeblog, tapi jika ada yang mau ngasih uang kepada saya, gak bakalan saya tolak. Hehehe... Just Kidding! Happy surfing, moga menemukan apa yang teman-teman cari!

One Response to 3 Operator Besar (di tempat ku)

  1. Dayt mengatakan:

    tah ngape kallu, flexy tang bolom masok.ape agek esia, tah bille2.
    tanyakkan ke sittau tau kallu ngape tang bise gye.
    mudoh2an selular 3 jg masok. usahakan jong maman bise koll

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: