Solusi Internet Murah GPRS

Berinternet adalah hobby kita semua. Mengapa aku bilang begitu? Karna yang jelas, tanpa internet anda tidak akan sampai ke sini (membaca artikel ini). Karena itu sebuah hobby (boleh dibaca: keperluan), maka kadang-kadang kita tidak terlalu memikirkan apakah jalur internet yang kita gunakan sekarang mahal atau murah, yang penting bisa berselancar dengan aman dan nyaman bagi kita itu sudah cukup.

Tapi, pasti ada sebagian dari kita (yang berpikir bijak) seringkali mencari cara atau solusi untuk menghemat sebesar-besar biaya yang kita keluarkan buat Internet ini (termasuk aku sendiri). Dan hal ini seringkali terjadi pada kita-kita yang jauh sekali dari jangkauan “Broadband”, 3G dan lain sebagainya (apalagi yang itu, telepon rumah aja kagak punya gitu lho… ).

Salah satu cara yang kupake sekarang sebagai alternatif internet murah (tapi nggak murahan khannnn…. Emang motttooorrr… ), adalah dengan menggunakan jalur internet lewat GPRS. Mengapa harus GPRS? Ya…. Itu tadi, karena jalur telepon rumah aja tidak punya…. Kita gunakan aja fasilitas GPRS yang disediakan oleh operator selluler yang ada di daerah kita masing-masing (khan katanya di hutan rimba aja ada sinyallll…).

Sebelum menggunakan GPRS dari operator selluler tertentu, mohon dipikirkan dan di-list dulu anda internetan di rumah/kantor/perusahaan atau bahkan di “jalanan” tujuannya buat apa. Karena kebiasaan internet anda adalah penentu bagaimana solusi “internet murah” itu sendiri.

Contohnya aku sendiri nih yang hobbinya browsing (baca-baca) dan posting (di forum), maka yang kupilih adalah jalur gprs volume based karena sebagian besar aktivitasku adalah baca yang kadang-kadang memakan waktu berjam-jam. Sedangkan untuk anda yang sebagian besar aktivitasnya adalah download, maka aku sarankan pake aja yang “time based” (perhitungan biaya berdasarkan waktu yang kita pake) karena seringkali download yang kita lakukan pada file-file dengan kapasitas yang sangat besar.

Aku sendiri (dengan aktivitas terbesar ku adalah browsing & forum) untuk lebih menghemat biaya lagi, menggunakan HP (henpon SGH D510) dengan browser Opera Mini yang membagi sebuah halaman yang dibrowsing menjadi beberapa “part” dan download gambarnya di-nonaktifkan. Dengan cara ini, maka halaman yang dibrowsing menjadi lebih kecil kapasitasnya.

Misalnya ketika aku browsing “Google.com”, halaman utama yang keluar hanya berkapasitas 1 kb. Dengan 1 part (halaman tidak dibagi). Sedangkan saat membuka Forum misalnya, halaman yang dibrowse dibagi menjadi 3 halaman dimanan halaman pertama (yang utamanya kubaca) hanya berkapasitas 3 kb. Dengan hanya membaca “part 1” misalnya, aku seringkali tidak perlu browse lagi part 2 & 3 karena (dalam berforum) semua postingan baru sudah terbaca di part 1 ini (tentunya dengan pengaturan lay out di forum yang kugeluti).

Untuk aktivitas “Blogging” seperti di blogger ini, aku menggunakan komputer dengan setting yang mirip dengan di HP yaitu dengan menonaktifkan “Show Images” di Internet Explorer dengan tetap menggunakan Volume Base layanan operator selluler.

Saat ini operator selluler saling berkompetisi dengan menawarkan akses gprs dengan tarif yang semurah-murahnya. Untuk yang ada di daerahku (hanya ada 3 operator selluler) yang termurah saat ini adalah Indosat IM3 dan Mentari. Kedua operator besar ini memang layak disebut termurah dengan tawaran tarif saat ini adalah Rp. 1,1,- /kb (promo sampai dengan 31 Juli 2007). Sedangkan Telkomsel (Simpati & As) masih menerapkan tarif lama Rp. 12,- /kb yang kurasakan sangat mahal jika harus digunakan di komputer.

Sedangkan untuk XL menempati urutan ke-2 termurah setelah Indosat yaitu dengan kartu Bebas & Jempol yang memasang tarif Rp. 10,- /kb. Untuk XL sendiri hanya dipake saat jaringan yang ada (Indosat dan Telkomsel) sedang gangguan.

Untuk saat ini aku sendiri make ketiga layanan operator selluler tersebut (Indosat, Telkomsel, dan XL). Silakan baca review selanjutnya tentang ketiga operator besar ini.

Thanks…!!!

Perihal maxx
Dulu saya sekolah di SMK Jurusan Sekretaris, dan pernah kuliah di FKIP Untan Jurusan PBS (Bahasa Inggris) - tidak kelar sih. Saya hanya blogger biasa, tidak sedang berusaha menghasilkan uang lewat ngeblog, tapi jika ada yang mau ngasih uang kepada saya, gak bakalan saya tolak. Hehehe... Just Kidding! Happy surfing, moga menemukan apa yang teman-teman cari!

14 Responses to Solusi Internet Murah GPRS

  1. AGEN PULSA MURAH mengatakan:

    Mau yg lebih murah Ada internet unlimited acces kerjasama pihak ketiga dengan xl. sebulan cuma 230.000 an tak terbatas lagi. waduh lupa nih alamt web nya tp tenang aja selama mash ada paman google semua jd mudah😀

  2. Maxxy mengatakan:

    Sebulan cuma 230rb.. Murah banget tuch.. Udah tak cari2 gak jg ketemu.. Mohon infonya Websitenya ya.. thanks..

  3. admin mengatakan:

    tarif 1 bulan Rp. 275.000/bln (flat), resmi.

  4. riva fauziah mengatakan:

    iya internet murah, solusi bagi kita semua… saya juga coba2 di rumah pakai gprs dengan modem itegno… malah saya sharing dengan tentangga kiri – kanan dan belakang, lumayan perbulannya ada yang bantuin bayar… wuiiih… ya, beginilah cara terbaik buat mensiasati cara berinternat murah bahkan boleh dikata GRATIS..!

  5. Maxxy mengatakan:

    @riva fauziah
    wah itu solusi paling bagus kayaknya… mbak pake gprs mana nih.. xplor ya? kalo boleh tau rata-rata kecepatannya brapa kbps mbak? terutama saat download…
    saya tengah mencari yang unlimited access nih… tapi minimal speednya belasan kbps gitu….

  6. Riziq mengatakan:

    Aku pake jalawave, speed standar. Tdk stabil.

  7. CoLiq mengatakan:

    @Riziq
    Weh aku pake http://internet.wongkediri.com
    Stabil tuh🙂 pake counter dapt 50-60Kbps (up+down)
    Klo pake speed test siji wae skitar 43kbps

  8. sepatubola mengatakan:

    pake fren prabayar aja trus beli IP seharga Rp. 150.000 bisa internet-an gratis seumur hidup, ASLI!! gue udah buktiin! ini dia linknya http://purnomo.name/2007/09/26/rahasia-internet-gratis/

  9. josskids mengatakan:

    jangan quasar bakal nyesel deh.coz kurang profesional dah itu kayanya unlimited tapi di batasi.nyesel saya pakai quasar

  10. pulsa bisnis mengatakan:

    buat yg nyesel😦 coba pk starone aja cuma 99.000 per 1 GB

  11. faiq mengatakan:

    sampe saat ini aq puas pakek http://www.mobilku.biz soalnya klo q bandingin dg ISP laen, ini lebih murah karena biayanya mulai 330rb/bln dan unlimited. speednya aja upto 512 kbps.

  12. iwan mengatakan:

    barusan sy browsing ke http://www.mobilku.biz bukan cuma unlimited tp jg ada time base 75rb untuk 35 jam speednya upto 256 kbps. udah ada yg pakek gak? kasih masukan dong ! sy mau ambil agak ragu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: