Forum Intellek yg kurang intellek

Kadang aku juga sering mampir ngecek di forum “intellek” ini (e-learning.untan.net). Entah kenapa aku rasa ada saja yang janggal dari forum ini. Mulai dari aktivitas dan bentuk forum yang digunakan aku rasa banyak sekali yang tidak harus di situ.

Bagaimana tidak, aku sendiri heran dengan pertanyaan yang dilontarkan oleh mahasiswa yang katanya “kaum muda intellek” pembawa perubahan, tapi ada pertanyaan “harga beras di pasar berapa ya?”. Padahal nilai pertanyaan itu sama sekali tidak ada hubungannya dengan ilmu pengetahuan yang layak dikemukakan seorang mahasiswa.

Mungkin alasan utama banyaknya pertanyaan umum yang sifatnya “junk” ini adalah karena adanya sistem penilaian yang berfokus pada “point”, sehingga setiap member forum hanya mengejar “point tertinggi” dengan melupakan kapasitas mereka sebagai seorang mahasiswa.

Saya sendiri kadang-kadang merasa malu membaca posting-posting “junkies” yang seandainya dibaca oleh masyarakat luas (siapa aja di luar UNTAN) bisa saja “mentertawakan” komunitas intellek dari Kalbar ini.

Jadi, saran saya, jika tujuan utama forum ini (e-learning.untan.net) adalah menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan mahasiswa dan masyarakat luas, lebih baik sistem pemberian nilai dengan “point” dihapus saja dan berlakukan sistem forum pada umumnya. Namun jika sang admin sengaja membuat forum ini layaknya situs kuis, ya.. silakan teruskan apa yang ada…

Mau diperhatikan atau tidak saran ini, terserah sang admin dan komunitas tersebut. Saya hanya berharap semoga kancah ilmu pengetahuan tidak mati dengan adanya pembaruan di bidang teknologi, tapi semakin menambah khazanah pengetahuan kita dan “majunya pendidikan” di Indonesia.

Viva Education Indonesia. 

Perihal maxx
Dulu saya sekolah di SMK Jurusan Sekretaris, dan pernah kuliah di FKIP Untan Jurusan PBS (Bahasa Inggris) - tidak kelar sih. Saya hanya blogger biasa, tidak sedang berusaha menghasilkan uang lewat ngeblog, tapi jika ada yang mau ngasih uang kepada saya, gak bakalan saya tolak. Hehehe... Just Kidding! Happy surfing, moga menemukan apa yang teman-teman cari!

2 Responses to Forum Intellek yg kurang intellek

  1. firnandes mengatakan:

    thank’s atas komentar anda tentang forum “intelektual” e-learning UNTAN. Saya juga tidak setuju dengan disalah fungsikannya forum tersebut. Mungkin banyak yang tidak mengerti arti dari sebuah forum intelektual.
    semoga komentar anda dijadikan acuan unutk pembaharuan sisitemnya oleh admin……

  2. maxx mengatakan:

    sama2 mas.. saya sbg ex-mahasiswa UNTAN kdang2 terlalu kawatir ttg masalah pendidikan jg (smpat kul di FKIP Jur PBS-Bhs. Inggris) yg salah satunya bs dikembangkan lwt smcam forum online.. mudah2n saja ada perbaikan ke depan dr pihak pengelola forum.. thx udh mampir ke blog saya, jangan segan2 tuk dtang lg..

Tinggalkan Balasan

