Kondisi Sungai & Jalan Perigi Nyatuk

Alam Baru

Suasana dusun Perigi Nyatuk (tepatnya di sekitar Lubuk Lutung) desa Matang Danau Kec. Paloh Kab. Sambas Prov. Kalbar ini sudah banyak berubah. Suasana baru sangat indah terutama di sekitar aliran sungai menuju sungai ke desa Marabuan.

Sungai

Kondisi sungai yang semakin membaik ini akan memperlancar aliran sungai yang selama ini tersendat karena kondisi yang berupa sempitnya badan sungai baik yang menuju sungai utama (sungai besar) maupun yang menuju ke darat.

p-0207.jpg

Dengan dana sebesar Rp. 1.461.245.000,- (Satu Milyard Empat Ratus Enam Puluh Satu Juta Dua Ratus Empat Puluh Lima Ribu Rupiah) sudah selayaknya proyek ini memberikan output yang secara signifikan harus lah terlihat dari segi “fisik” berupa jalan dan sungai yang tertata rapi (dengan catatan jangan ada lagi “Korupsi”).

(Lihat pada gambar di atas, jika kurang jelas silakan klik di thumbnail gambar tersebut dan lihat dalam full size, mohon maaf jika masih kurang jelas karena gambar diambil menggunakan hp plus kamera 1,3 MP).

tepi sungai

Perbaikan sungai ini ternyata juga memberikan sumbangsih yang positif bagi warga. Sekarang tepian sungai sudah bisa dibuat jalan menuju lahan pertanian warga dan bisa dilalui dengan kendaraan roda 2 (sepeda/motor).

Sebagian warga juga (terutama anak-anak) memanfaatkan waktu liburan mereka dengan memancing di sungai tersebut. Sehingga berkah dari rehabilitasi sungai ini ternyata tidak hanya terlihat pada roda perekonomian masyarakat di sekitarnya tetapi juga merupakan sarana “refreshing” yang sangat menarik terutama di sore hari.

arah jalan

Seperti terlihat di gambar di atas, jalan menuju Matang Danau telah terlihat lebih rapi dari kondisi sebelumnya. Telah ditambah lebar jalan juga. (sayang sekali saya tidak punya foto kondisi jalan dan sungai sebelum rehabilitasi ini).

Selain aliran sungai yang tambah lancar dan tidak berpeluang lagi terjadi banjir di sekitar sungai ini, kondisi jalan yang semakin baik ini juga memperlancar arus lalu lintas ke desa-desa sekitarnya (Matang Segantar, Mengkudu, dan pastinya Matang Danau).

Kali ini saya puji Pemerintah dengan Dana APBN Murni sebesar tersebut di atas, dengan harapan bahwa pengerasan jalan segera menyusul baik melalui proyek PPK maupun dari Pemda setempat (Pemda Sambas). Karena warga sangat berharap dengan adanya pengerasan jalan setelah pengerokan sungai ini, kondisi jalan yang becek jika hujan turun akan diminimalisir dan warga tetap bisa melalui jalan tanpa khawatir lagi dengan “muntal”nya ban… He3x… (muntal = tanah becek menutupi ban dan bagian kendaraan lainnya).

Terima Kasih Pemerintah dan Teruslah Perjuangkan Nasib Rakyatmu!!!!

(Semua gambar di atas diambil menggunakan HP Samsung SGH D510 (kamera 1,3 MP), jadi pada gambar-gambar tertentu akan kelihatan kabur dan hanya terlihat bagus terutama menggunakan full size. Silakan klik gambar yang diinginkan dan mohon maaf atas keterbatasan ini. Thanks!!!)

Perihal maxx
Dulu saya sekolah di SMK Jurusan Sekretaris, dan pernah kuliah di FKIP Untan Jurusan PBS (Bahasa Inggris) - tidak kelar sih. Saya hanya blogger biasa, tidak sedang berusaha menghasilkan uang lewat ngeblog, tapi jika ada yang mau ngasih uang kepada saya, gak bakalan saya tolak. Hehehe... Just Kidding! Happy surfing, moga menemukan apa yang teman-teman cari!

4 Responses to Kondisi Sungai & Jalan Perigi Nyatuk

  1. iyuz mengatakan:

    posting lg masalah seputar kalbar,terutama kapuas hulu donk

  2. Maxxy mengatakan:

    Maaf banget nih mas, kalo brita kalbar aku hanya bisa ngasih sekitar sambas doank karna keterbatasan sumber info. O ya, untuk beberapa wkt ini aku blm bisa nulis banyak, krn laptopku lg rusak.. Mudah2n bs segera diperbaiki.. Thanks mas atas supportnya..

  3. Capunk mengatakan:

    Budi, mana lagi nech berita dari Sambasnya? Sekalian berita kota Tebas kalo ada yach! Kangen nech ma kote limau… Thx Bud.

  4. Maxxy mengatakan:

    blom ade tox e.. nantek lah mudah2n bs dpt berita agek.. baru nyobe kompi baru jd blom bs banyak posting.. he3x..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: