Back To Laptop

Asyiknya, Laptopku kembali normal seperti biasanya.

Peristiwa ini memang agak sedikit aneh buatku karena untuk pertama kalinya.

Setelah hampir tiga bulan sekarat, sekarang laptop atau lebih tepat disebut notebook yang kubeli dari hasil gaji ke 13 ku kemaren akhirnya bisa bernafas lagi. Padahal waktu itu sempat bingung dan putus asa untuk mengembalikannya dari tidur yang hampir membawanya ke dalam maut.

Sungguh sebuah perjalanan yang melelahkan karena aku sudah tanya sana sini gak ada yang mau ngasih ilmu buat instal ulang tanpa CDRom karena kebetulan juga CDRom laptop ini sudah rusak sejak kubeli dengan harga Rp.1.500.000,00.

Awal kerusakan adalah ketika di suatu malam aku punya ide di benak hatiku untuk mempartisi hardisk laptop ini yang hanya ada drive C: nya saja (setelah normal ini pun ternyata partisinya masih tetap satu, he3x… ). Setelah melanglang buana di dunia maya mencari software yang sesuai untuk partisi ini, akhirnya ketemulah dgn yang namanya Partition Magic 8.0 (Demo Version).

Berhubung softwarenya hanya demo, ya.. apa boleh buat ilmu barupun digunakan, mencari "crack"nya. Pencarian crack tidak berlangsung lama sudah ketemu. Dan Partition Magic 8.0 tadi pun dengan sekejab sudah disulap menjadi Full Version dan dalam arti lain, sudah bisa digunakan untuk mempartisi hardisk secara penuh (tanpa batasan demo lagi).

Sebelumnya proses download Partition Magic ini dilakukan dini hari pukul 1.00 wib s/d 2.00 wib selesai dengan kapasitas file sebesar 22,6 MB kalo gak salah waktu itu (lupa aku, pernah kuposting di awal tragedi rusaknya laptop ini). Pagi harinya bangun tidur pukul 5.00 wib tergesa-gesa ingin segera mempartisi hardisk karena rencanya siangnya mau pulang ke rumah mertua (sekitar pukul 10.00 wib).

Terjadilah tragedi buruk ini. Tanpa basa basi lagi, setelah membuka partition magic, langsung menuju menu make new partition nya, dan terjadilah peringatan tentang backup lah data anda dan buatlah repair CD XP anda. Naas sudah waktu itu, pengennya cepat selesai acara partisi hardisknya, ehhh… taunya bukan malah partisi tapi "Windows Crash", dan XP ku jadi tidak mau diboot lagi (Restart saat Startup).

Sedih nian hari itu, semingguan aku nyoba memperbaikinya hingga semingguan juga jari ini gatal-gatal mau nulis di internet. Kucoba instal pake cDRom eksternal melalui USB, ehhh… taunya bios gak mendukung booting usb. Coba lagi ke rumah teman di Dusun Matang Putus tepatnya di rumah Rusiadi, S.Pd.I (dosen di STIT Sambas waktu itu), coba diinstal langsung lewat PC dengan Operating System Windows XP SP1. Ternyata hasilnya nihil.

Saking penasaran, aku mampir ke AA Computer di Sambas, ternyata dia bilang XP memang gak bisa diinstal langsung lewat PC ke hardisk lapto karena ia akan detect beda hardware. Disarankan pake Win98 aja, karena bisa diinstal lewat PC dan bias detect beda hardware tapi gak masalah. Akhirnya setelah melalui bebearpa perbincangan, aku disarankan bawa CDRom yang rusak ke AA Computer (kali aja bisa diperbaiki, padahal aku mintanya dicarikan yang baru aja).

Setelah seminggu berselang dari AA Computer ternyata solusi gak muncul sama sekali. Pergi lagi ke Pedoman Online, bos nya sudah akrab juga denganku yang kemaren dikenalkan sama Rusiadi. Itulah dia bilang, makan dijual waktu masih bagus, sekarang apa sudah jadi, gak bisa hidup sama sekali. (dengan logat tiong hoanya). Aku pasrah banget waktu itu. Dia sempat nawarin laptop baru merk BenQ dengan kredit bayar setengah harga (diskon juga) karena waktu itu menghadapi acara "Pameran" di Water Front City Sambas. Dengan harga segitu sungguh aku sangat tergiur. Tapi, aku tidak bisa menyediakan dana sebesar 1/2 dari harga yang ditawarkan sehingga pembelian laptop itu tidak jadi.

Dengan sangat putus asa akhirnya aku biarkan saja laptop ku itu dalam keadaan sekarat. Hanya kemudian semangat untuk belajar dan memperbaiki laptop tersebut bangkit kembali. Akhirnya kuputuskan untuk menanyakan perihal instal ulang lapto ke paman google. Dan sampailah lah aku ke sebuah artikel yang berisi masalah hampir sama (mirip) dengan yang sedang kuhadapi.

Di sebuah forum telah dibahas tentang seorang yang mendapatkan laptop temannya sedang sekarat juga dan harus diinstall ulang. Dia mencoba menggunakan converter IDE to Laptop (tidak ada di tempatku). Dia install ulang dan berhasil di PC tapi tidak untuk di laptop yang kemudian juga detect beda hardware (sampai di sini sudah mualai ada jalan terang). Masih dengan semangat dan keyakinan bahwa setiap masalah ada jalan / solusi pemecahan masalah tersebut, akhirnya kuberanikan diri dengan mengajukan pertanyaan di satellite forum (forum yang paling kusukai dengan suasana kekeluargaannya).

Banyak alternatif yang ditawarkan teman-teman dan yang paling memungkinkan waktu itu adalah solusi dari bung flinst yang menyarankan untuk install ulang tanpa CDRom (cara yang paling memungkinkan ini karena aku gak ada dana buat beli CDRom
yang bisa menggantikan yang asli di laptop ku dimana CDRom tersebut bisa dibeli di luar negeri). Mengapa gak ada dana? Karena ternyata telah ditanyakan di toko online yang jual peralatan komputer juga gak ada (bhinneka, fastncheap, dan lainnya)

Dari situlah petualangan ini bermula kembali, pikiran yang semula sudah skeptis dan sangat putus asa berkobar kembali untuk mencari solusi dari permasalahan ini.

Mencoba saran teman-teman, kucoba instal ulang pake usb to laptop yang ternyata ada di jual di toko komputer favorit ku, Toko Pedoman Online di Kota Sambas (satu-satunya toko komputer dengan layanan yang kurasakan sangat memuaskan).

Proses install ulang dimulai, dengan instalasi pertama adalah Windows XP SP1. Detect hardware di PC berhasil, Format Ulang juga berhasil, dan terakhir (sebelum komputer restart) adalah mencopy file instalasi awal ke hardisk masih berhasil. Namun sangat disayangkan sewaktu startup dari restart windows langsung crash (blue screen). Instalasi XP gagal.

Masih merasa punya harapan, akhirnya terpikir oleh ku untuk mencoba instal Win98. Pertama instalnya di PC pake Hardisk PC. Berhubung intall ulang win98 untuk pertama kalinya, ternyata aku menemukan sebuah logika bahwa instal ulang di PC pake hardisk laptop bakalan gak masalah, dan ternyata benar. Logikanya terlihat di antara Copying installation file dan Configure your hardware, di antara keduanya ada "Restart". Kecurigaan yang beralasan, bahwa detect hardware ternyata setelah copy file instalasi.

Proses kopi berjalan mulus. Ketika komputer akan restart, secepatnya komputer kumatikan (menghentikan proses restart). Setelah itu baru hardisk lapton dicabut dari PC (usb) dan dicolokin ke laptop. Turn ON… Surprise… It works well!! Proses instalasi juga berjalan mulus, hanya pada beberapa keadaan yang meminta agar CDRom di masukin CD Win98nya aja, tapi syukur bisa diskip. Dan akhirnya proses instalasi selesai tanpa banyak halangan (karena intinya adalah agar hardisk laptop bisa dibooting dan masuk ke windows).

Suatu hal pertama yang mengejutkan bagiku (mumpung masih newbie banget). Sesuai dengan saran bung flinst juga, akhirnya aku nyoba dengan caraku (upgrade). Karena ternyata waktu hardisk di PC proses upgrade berjalan sangat mulus, dengan asumsi tersebut aku yakin di laptop juga bisa semulus di PC. (Tidur dulu akhhh… udah dini hari / pkl. 2.00 pagi)….

Subuh menjelang berangkat ke kantor, semua peralatan dibawa ke kantor. Tak sabar rasanya mau install XP (upgrade). Mumpung juga Ibu Wakil Bupati sedang gak di kantor (lagi dinas di luar).

Proses upgrade dilakukan di kantor pukul 7.30 wib (pagi tadi / 10-09-07). Hardisk laptop dikeluarkan dari "sarang"nya dan usb dicolokin di Pc kantor. Semua file instalasi Win XP SP1 dicopy ke MY Document (kebetulan di situ aja ada ruangnya). Copy file tidak ada kendala dan berjalan mulus. Hardisk laptop tak pasang lagi ke sarangnya. Turn ON laptop, walla….. ternyata windows berjalan mulus dan file "setup" tak klik di my document. Instalasi pun dijalankan.

Seperti dugaan saya sebelumnya, ternyata proses instalasi ini berjalan lancar di laptop dan hasilnya………… teng dedeng dedededengggnnggngngngn….. XP nya muncul dengan mulus…. Laptop ku kembali seperti sediakala…. oh betapa cantiknya pengalaman ini… dan yang lebih mengejutkan adalah semua driver kembali seperti sediakala (driver audio, display, modem, dan infra merah berjalan dengan lancar…. ).

Sungguh suatu perjalanan untuk kembali yang panjang… pengalaman yang tidak terlupakan…… (Ngutang flashdisk deh hari ini saking gembiranya….padahal kantong udah kering banget nih… ).

Oya… sebelumnya juga sudah pernah dicoba menginstal Linux Suse lewat PC ke hardisk laptop ini dan udah beberapa kali format ulang… tapi lagi-lagi masalah detect hardware yang menggagalkannya…

Dengan kembalinya laptop ini ke awalnya.. aku sangat gembira dan sangat berterima kasih kepada teman-teman di satellite forum atas bantuannya dan sharing ilmunya… keep sharing guys.. you’re all my family and friends…

Teruskan berkarya….

Thanks…

Perihal maxx
Dulu saya sekolah di SMK Jurusan Sekretaris, dan pernah kuliah di FKIP Untan Jurusan PBS (Bahasa Inggris) - tidak kelar sih. Saya hanya blogger biasa, tidak sedang berusaha menghasilkan uang lewat ngeblog, tapi jika ada yang mau ngasih uang kepada saya, gak bakalan saya tolak. Hehehe... Just Kidding! Happy surfing, moga menemukan apa yang teman-teman cari!

3 Responses to Back To Laptop

  1. beni saputra mengatakan:

    siang mas.. mo tanya, laptop saya juga gak bisa diinstall.. tp cd room bagus mas.. awalnya jalan.. formatting.. copying.. tapi, belum masuk k proses instalasi dia udah blue screen.. bantuiin donk mas… terima kasih sebelumnya.. balas ke email boleh juga.. ato tempelin di situs mas boleh juga.. biar bisa balik ke situs mas lagi..

  2. Maxxy mengatakan:

    kalo kasus nya kayak gitu, kalo gak salah salah saya kemaren ada pada hubungan laptop dengan CDRomnya… atau bisa juga karena format hardisknya… waktu itu formatnya pake FAT32 ato pake NTFS mas? soalnya kompie saya gak mau diformat pake NTFS yg menyebabkan bluescreen tadi.. mungkin hal tersebut juga terjadi sama laptop punya mas… coba diformat ulang dulu mas…

  3. nandie mengatakan:

    maaf mas saya mau nanya klo laptop saya kasusnya bda mas smuannya k deteck tp gak nampil d file explornya cd romnya mas tolong babtuannya mas trusyg saya pake windows xp terima kasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: