Sedang Belajar Linux

Sejak awal, kita (baca: saya) telah mengenal komputer dengan “doktrin” Windows mulai dari Windows 95, 98, ME, 2000, lalu XP dan Vista (vista belom sempat disentuh karena belom ada CD Installasinya, tapi kalo themenya udah plug n play, hehehe.. maksudnya intall lalu uninstall lagi).

Terinspirasi dari Majalah InfoLinux (berbahasa Indonesia), pengennya “migrasi” aja ke Linux. Awalnya mencoba “Mandrake / Mandrive”, dan sangat terkesan dengan tampilannya yang menawan dan sangat ringan bahkan di PC Pentium III dengan RAM 128 MB aja, sangat dan saking ringannya dibandingkan dengan Windows XP. Keranjingan mo migrasi ke Linux, nyoba lagi distro lainnya. Kali ini mencoba bertualang pake SuSE.

Istalasi SuSE yang sangat mudah dan sama sekali tidak ada kendala membuatku pengen sekali nyoba dan make distro yang satu ini. Tetapi tidak lama berselang (masih dalam tahap coba-coba juga), aku nyoba lagi distro lain yaitu Slack. Istalasi Slack juga sangat mudah dan tidak ada kendala, bawaannya juga ringan dan sangat stabil kurasakan.

Seperti distro-distro sebelumnya, Slack juga tidak bertahan lama di PC ku. Kemudian aku terkesan dengan info-info yang pernah kubaca baik dari majalah InfoLinux sendiri maupun dari hasil pencarian di internet, kutemukan “Ubuntu”. Saking kepengen mendapatkan distro yang satu ini, aku memesan CD Instalasi langsung dari negara asalnya… dan CD pun datang langsung ke alamatku.

Tapi, sayang sekali instalasi Ubuntu gagal walaupun spek yang dibutuhkan tuk Ubuntu sudah mencukupi. Mungkin aku saja yang masih belon mengerti banyak tentang Ubuntu ini. Akhirnya nyoba lagi distro lain, kali ini pake “Linsfree”. Tuk distro yang satu ini, makenya agak lama juga dan terus terang dari semua distro yang telah kucoba sebelumnya, distro inilah yang paling mudah instalasinya.

Karena keterbatasan ilmu di linux, akhirnya kuputuskan tuk kembali ke windows, XP tentunya. Selain itu, hobby yang membuatku harus kembali ke XP.

Dari pengalaman nyoba linux ini, terus terang aku masih penasaran dengan Ubuntu yang katanya selain enak tak pake juga mirip-mirip Windows juga (mudah pengoperasiannya). Tuk itu, aku sekarang mulai belajar mempelajari linux lagi. Terutama yang penting tuk saat ini adalah “berpikir” bagaimana caranya “masukin” (baca: nginstall) linux ke Laptop ku dengan spek Celeron dan RAM 64 MB. Sangat tua sekali nih laptop hingga tuk menjalankan XP sangat lambat sekali dan menguras “kesabaranku”.

Dengan Laptop Fujitsu tanpa CD Rom Drive maupun Floppy A: sulit sekali menemukan cara tuk menginstal linux ke dalamnya, terutama tuk “booting”. Sedangkan kalo masukin Windows sudah berhasil dan sangat mudah. Kendala saat masukin linux ke Laptop yang minim dukungan hardware ini adalah gak bisa update hardware detection saat booting seperti yang bisa dilakukan oleh Windows 98.

Kalo masukin XP mudah saja, setelah instalasi Windows 98, langsung copy aja file instalasi XP sudah bisa diinstal XPnya. Sekarang bagaimana caranya masukin linux yang bisa “deteksi ulang” hardware tuk pertama kali booting di Laptop, karena proses instalasi awal harus dilakukan di PC Desktop dulu.

Teman-teman yang punya info atau solusi tuk menginstal linux ke Laptop dengan spek seperti tersebut di atas yaitu: Tanpa (Tidak ada) CD ROM Drive, Tidak ada Floppy A: , atau dengan kata lain: Tidak bisa booting lewat CD Rom maupun Floppy A: (disket). Mohon dibantu yah… Thanks b4!!!

 

salam

maxx d’nubi

Perihal maxx
Dulu saya sekolah di SMK Jurusan Sekretaris, dan pernah kuliah di FKIP Untan Jurusan PBS (Bahasa Inggris) - tidak kelar sih. Saya hanya blogger biasa, tidak sedang berusaha menghasilkan uang lewat ngeblog, tapi jika ada yang mau ngasih uang kepada saya, gak bakalan saya tolak. Hehehe... Just Kidding! Happy surfing, moga menemukan apa yang teman-teman cari!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: