Panorama Pantai Tanah Hitam – Paloh

Salah satu daya tarik wisata adalah pantai. Namun sangat disayangkan ternyata daerah pantai Tanah Hitam hingga ke Guntong Kecamatan Paloh ternyata belum tersentuh pembangunan di bidang pariwisata.

Entah karena belum ada minat dari pihak Pemda maupun dari wiraswasta atas objek yang masih kelihatan alami ini. Mungkin saja. Tapi, sangat disayangkan juga karena kondisi di pantai ini semakin memprihatinkan.

Abrasi di pantai sepanjang (gak tau nih angka tepatnya, kebetulan meter penghitung jarak di sepeda motor saya belum diperbaiki), lebih kurang 6 – 7 KM, kian mempersempit daerah pantai ini. Perhatikan hasil pengambilan foto dari hape berikut ini (mohon maaf jika kurang jelas):

abrasi 30

Pengikisan pasir oleh arus gelombang sudah hampir mencapai +/- 20 s/d 30 cm terhitung sejak setahun yang lalu atau bahkan baru beberapa bulan yang lalu.

Kekhawatiran saya tidak ada gunanya jika tidak ada dukungan dari masyarakat dan pemerintah setempat. Entah siapa lagi yang akan memikirkan ini, dan bertindak secepatnya sebelum abrasi semakin melebar hingga mendekati jalan raya.

Penambangan liar atau tidak liar atau penambangan pasir sekecil apapun sangat berpengaruh pada kondisi pantai. Sangat disayangkan sekali, dengan santainya mereka menambang pasir pantai ini. Perih rasanya hati ini melihatnya, tidakkah mereka memikirkan kelangsungan dan kelestarian pantai ini, padahal pantai disebelahnya diberi nama Pantai Lestari.

tambang

Padahal kondisi alam pantai yang sangat panjang ini (dari Desa Matang Danau hingga Desa Guntung) sangat indah dan cocok sekali dijadikan tempat wisata. Sangat nyaman dikunjungi terutama di hari libur pada pagi hari, udara yang nyaman dan segar serta pemandangan laut dengan nelayan yang sedang mencari nafkah dengan melaut. Sangat indah!!!!.

potensi

Pohon pinus yang menghiasi pinggir pantai di sepanjang pantai Desa Guntung.

Photo-0022

Demikian, semoga bermanfaat.

Perihal maxx
Dulu saya sekolah di SMK Jurusan Sekretaris, dan pernah kuliah di FKIP Untan Jurusan PBS (Bahasa Inggris) - tidak kelar sih. Saya hanya blogger biasa, tidak sedang berusaha menghasilkan uang lewat ngeblog, tapi jika ada yang mau ngasih uang kepada saya, gak bakalan saya tolak. Hehehe... Just Kidding! Happy surfing, moga menemukan apa yang teman-teman cari!

13 Responses to Panorama Pantai Tanah Hitam – Paloh

  1. Iwan mengatakan:

    Memang sih agak risih dg pemandangan seperti itu, pasir di tepi pantainya nggak bagus akibat penambangan dan juga yg perlu di perhatikan oleh masyarakat setempat tentang pembuangan sampah, karena saya sebagai pengunjung agak risih melihat sampah berserakan di sana-sini.
    Menurut saya pantai guntung harus di jaga deh soalnya di sama indah banget, bila perlu pantai guntung di perindah lagi dg penambahan objek-objek baru supaya menarik perhatian parawisata lokal, bila perlu parawisata asing pun akan tertarik dg objek itu.
    Terima kasih,,

  2. Nia mengatakan:

    Saya setuju banget ama iwan(komen diatas, soalnya di pantai guntung adalah salah satu pantai favorit saya dan banyak kenangan-kenangan ama teman-teman juga pacar saya,he3…..
    –> Thank <–

  3. maxx mengatakan:

    Thanks atas komentar teman2 (Iwan dan Nia)….
    mudah2an kedepannya Pemerintah bisa serius memperhatikan keberadaan lokasi yang berpotensi wisata di Kab. Sambas… dan salah satunya ada di Tanah Hitam ini…

  4. amelia melody shafira mengatakan:

    kaya’nya enak tuh buat bulan madu…soalnya kan calon suami aku Tgs di Polres Sambas…jd kalo bulan madu gak perlu jauh2,,,,

  5. maxx mengatakan:

    beneran nih mbak amelia? masnya siapa namanya ya? kali aja kenal?

  6. amelia melody shafira mengatakan:

    namanya Briptu Krisnawan,,,doain aja moga2 bisa nikah secepatnya,,,pgn ke sambas,,,soalnya disana tenang n damai,,,pengen deh guling2 di pantainya,,hahahahaha,,,,

  7. rudy paloh mengatakan:

    garis pantai yang indah mulai dari tanah hitam sampai selimpai dan bila dilanjutkan sampai ke tanjung datuk temajuk.
    alamnya indah sekali (indah inyan).
    belum lagi kalau ketemu belangkas, makanan yang saya kenal selama berada di paloh.
    nanti aku pasti akan kembali

  8. vrizay blues mengatakan:

    kalau bisa pantainya di bagusin ya,,,,, heeeeeeee,,, bisakan

    • maxx mengatakan:

      hehehe…. setiap hari dikunjungi terutama sore-sore… pantainya sekarang semakin ke darat alias sedikit demi sedikit pasirnya diangkut… ^_^

  9. ryan eka pranata mengatakan:

    tenang dan indah itu yang bisa saya kaitkan dengan kecamatan paloh

  10. Novhie Syasyalindry mengatakan:

    iya, saya sebagai orang setempat yaitu tanah hitam.
    saya juga merasa perihatin dengan pasir pantai tanah hitam yang habis diambil orang.

Tinggalkan Balasan

